Jika Ada Link Dalam Blog Ini Yang Tidak Berfungsi Atau Broken, Dengan Segala Kerendahan Hati Kami Berharap Pengunjung Sekalian Meng-Infokan Kepada Kami Agar Se-segera Mungkin Kami Memperbaikinya,TERIMA KASIH..!!BLOG ANAK BIMA mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1437H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN" @Admin [by:dyenps]

Wednesday, January 30, 2013

Cara Install Android OS di PC atau Laptop

Sebelumnya sudah saya singgung sedikit mengenai cara menginstall android ini di posting yang terdahulu yaitu cara Menjalankan Android di Notebook Melalui Flashdisk , namun kali ini saya akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara install Android OS di pc atau komputer, bisa juga anda melakukan penginstalan android di laptop dan netbook.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita akan menginstall android di pc atau komputer yaitu, memisahkan partisi android dengan windows jika anda memiliki instalasi windows di komputer anda. Misalnya jika windows di install di Drive C maka diusahakan android di install di Drive D atau Drive yg lain. Sehingga sistem operasi nya tidak akan berantakan.

Disini saya berikan sedikit tutorial cara install android di windows artinya menginstall android dilakukan bersamaan dengan dengan windows os atau dual boot system. Android yang di install di pc adalah android 4.0 atau android ics (Ice Cream Sandwich) Jadi setelah kita menginstal keduanya antara windows dan android maka bisa kita jalankan keduanya saat booting pertama komputer anda melalui pilihan di grub. Grub adalah alat open source linux untuk booting ke dalam sistem operasi.

Tenang saja setelah anda menginstal android di PC atau komputer, sistem operasi yang lain seperti windows xp, windows vista, windows 7 atau linux ubuntu tidak akan terhapus asalkan anda tidak memformat partisi yang bersangkutan pada saat menginstal android di pc.

Terlalu panjang saya bertele-tele, baiklah ini beberapa tips yang harus dilakukan untuk menginstal android di PC atau komputer dibawah ini. 

1. Download sistem operasi Android untuk PC atau komputer DISINI.
2. Burning hasil download tadi ke CD atau usb drive. Untuk ngeburning melalui cd bisa menggunakan Nero, dan untuk ngeburn iso file ke usb bisa menggunakan iso to usb download DISINI (password:dyenps), atau bisa menggunakan winusb download DISNI (password:dyenps)
3. Buat partisi kosong di komputer dengan ukuran sebesar 1 GB jika nantinya tidak akan menginstall aplikasi seperti game dan aplikasi android yang besar lainnya. Tetapi Jika akan menginstall aplikasi android yang besar disarankan membuat partisi kosong sebesar yang di inginkan, misalnya 5GB atau lebih besar lagi "Bebas". Untuk mempartisi bisa menggunakan partition magic atau windows manage.


4. Restart komputer dan masuk ke bios lihat kemenu boot, pindahkan menu boot yang pertama ke boot to usb atau pada beberapa komputer untuk memilih boot pada saat komputer baru menyala bisa langsung tekan F9 / F10 / F11 atau F12 tergantung setingan bios pada komputer anda. nah disana akan terlihat menu pilihan booting yang akan dipilih. Pilih yg usb.

5.  Tampilan pertama untuk menginstal android akan terlihat jika boot yg dipilih sesuai dengan device yang tersedia. Pilih install android.

android menu in pc

6. Pilih Partisi yang akan digunakan


7. Pada menu selanjutnya akan terlihat menu pilihan untuk memformat atau tidak seperti pada gambar dibawah ini.

pilih menu instalasi android x86

8. Selanjutnya akan diminta untuk install grub atau tidak, pilih skip untuk tidak menginstall grub. Karena grub nya akan diinstall di windows.

install android di komputer

9. Untuk menjadikan partisi yang diinstall android bisa di edit dan ditambah atau sebagainya pilih yes untuk read write partisi seperti.

pilih readwrite partisi android

10. Pilih yes untuk menyimpan data.img di harddisk, bisa disesuaikan dengan ukuran maksimal 2GB.
11. Setelah selesai reboot atau restart komputer dan masuk ke windows.
12. Download grub2 untuk windows DISINI(password:dyenps)Extract grub2 untuk windows di drive C: Instal grub2.
13. Masuk ke folder grub2 dan disana ada grub.cfg buka dengan notepad dan tambahkan menu boot android di bawah ini pada bagian paling bawah.

### Android ###

menuentry "Android-x86 4.0-RC2" {
set root='(hd0,7)'
linux /android-4.0-RC2/kernel quiet root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
}

menuentry "Android-x86 4.0-RC2 (Debug mode)" {
set root='(hd0,7)'
linux /android-4.0-RC2/kernel root=/dev/ram0 androidboot.hardware=eeepc acpi_sleep=s3_bios,s3_mode DEBUG=1 SRC=/android-4.0-RC2 vga=788
initrd /android-4.0-RC2/initrd.img
}
### END Android###


Catatan : Tulisan yg berwarna merah set root='(hd0,7)' ganti dengan partisi penginstalan android anda, misalnya jika android di install di partisi ke tiga atau Drive E:/ maka ganti (hd0,7) dengan (hd0,3).

14. Simpan notepad dan restart komputer, Kalau grub2 berhasil diinstal maka ada menu pilihan boot pada saat komputer baru nyala, pilih boot ke grub 2 dan pilih menu boot android untuk memilih ke android OS.

15. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber:http://sejenisinfo.blogspot.com/2012/12/cara-install-android-di-komputer-pada.html


Artikel Terkait:

2 comments:

Syarat Berkomentar:
Tanpa Sara
Tanpa Spam
Jangan Membuat Link Hidup Di Tengah Komentar
Berkomentarlah Yang Sopan Dan Bijak Agar Diharagai Oleh Orang Lain.
Komentar Yang Mengabaikan Syarat Diatas Akan Di Hapus,Terima Kasih...!

Followers

Google+ Followers

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More