Jika Ada Link Dalam Blog Ini Yang Tidak Berfungsi Atau Broken, Dengan Segala Kerendahan Hati Kami Berharap Pengunjung Sekalian Meng-Infokan Kepada Kami Agar Se-segera Mungkin Kami Memperbaikinya,TERIMA KASIH..!!BLOG ANAK BIMA mengucapkan "SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA 1437H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN" @Admin [by:dyenps]

Tuesday, January 29, 2013

Menjalankan Android di Notebook Melalui Flashdisk

Android dikembangkan oleh Google sejak tahun 2008, awalnya system operasi ini diperuntukan khusus bagi smartphone dan tablet PC, hingga saat ini Android telah mencapai versi ke 4.1 yang di beri kode nama Jelly Bean.
Namun ada beberapa komunitas Android yang mengembangkannya menjadi sebuah sistem operasi yang dapat berjalan pada notebook atau laptop, seperti yang paling populer saat ini adalah Android-x86 dan AndroBOX.
Sekarang saya akan mencoba menerangkan bagaimana langkah-langkah menjalankan Android-x86 4.0 RC1 melalui sebuah flashdisk dengan mode Live CD, perlu diketahui sampai saat ini Android-x86 belumlah layak untuk di install secara native dan digunakan menjadi sistem operasi utama notebook karena masih banyaknya bug yang belum terpecahkan.

Di bawah ini adalah bahan atau software yang diperlukan,


  • Download file iso Android-x86 dari android-x86.org, sesuaikan dengan spesifikasi notebook yang dipakai. Saya mendownload file android-x86-4.0-RC1-amd_brazos.iso karena akan dijalankan pada notebook ASUS K43U dengan prosesor AMD Brazos.



  • Download Linux Live USB Creator (password:dyenps)untuk membuat bootable flashdiks, dapat juga menggunakan software lainnya seperti PenDriveLinux dan UNetbootin.



  • Kemudian berikut ini adalah langkah-langkah pembuatannya,
    • Pasangkan USB flashdisk pada notebook.
    • Instal Linux Live USB Creator, kemudian jalankan.
    • Di window Linux Live USB Creator pada STEP 1 pilih flashdisk yang akan dipakai untuk menginstall Android-x86. STEP 2 pilih ISO / IMG / ZIP dan buka file iso Android-x86 yang sudah di download sebelumnya. Kemudian klik ikon halilintar untuk memulai proses pembuatan.
    • Setelah proses selesai maka flashdisk sudah siap digunakan, kemudian restart notebook.
    • Atur BIOS agar boot pertama ke USB flashdisk.
    • Jalankan Android-x86 pada mode Live CD opsi pertama.
    android x86

    Pada saat saya akan menggunakan koneksi internet secara otomatis sistem akan mendeteksi jaringan Wifi, karena di tempat saya tidak ada sinyal Wifi jadi saya belum sempat mencobanya lebih jauh. Selain itu media playback juga belum bisa berfungsi pada mode Live CD ini, sedangkan untuk kamera berjalan dengan cukup baik. Kalau dari segi tampilan saya rasa cukup mengagumkan.

    android x86

    Sayangnya lagi Android-x86 versi 4.0.3 ini tidak dapat dijalankan dengan VirtualBox, kalau memang ingin mencoba dengan VirtualBox bisa mencoba Android-x86 versi 2.2 Froyo namun akan sedikit sulit dalam navigasinya karena memang merupakan Android versi lawas.

    Sumber:http://boogle.web.id/menjalankan-android-di-notebook-melalui-flashdisk/


    Artikel Terkait:

    3 comments:

    1. mlm mas wah infonya sangat membantu mas trmkasih;'y

      ReplyDelete
    2. semua versi Android-x86 dapat dijalankan dengan VirtualBox.
      Yang tidak bisa virtualBox versi yang terbaru. gunakan Virtual Box yang versinya lebih lama. Bisanya cocok-cocokan

      ReplyDelete

    Syarat Berkomentar:
    Tanpa Sara
    Tanpa Spam
    Jangan Membuat Link Hidup Di Tengah Komentar
    Berkomentarlah Yang Sopan Dan Bijak Agar Diharagai Oleh Orang Lain.
    Komentar Yang Mengabaikan Syarat Diatas Akan Di Hapus,Terima Kasih...!

    Followers

    Google+ Followers

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More